Home Wisata 4 Lokasi Snorkeling Paling Cantik Di Sumatera Utara

4 Lokasi Snorkeling Paling Cantik Di Sumatera Utara

1285
0

Sumatera Utara itu luas, jarak 10 dari Medan ke Tapanuli Tengah, anda bisa menemukan surga objek wisata pulau, alias negeri sejuta pesona satu diantaranya adalah keindahan terumbu karang yang ada di beberapa pulau di kepulauan Mursala.

– Pulau Badalu

Ada pulau Badalu, yang berada di kawasan kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara wajib menjadi destinasi bagi anda pecinta pemandangan bawah laut.

Bergerak ke tengah lautan menikmati keindahan alam bawah laut menggunakan alat snorking atau perlengkapan diving adalah yang paling pas menyambangi pulau ini.

Pesona Pulau Badalu di Sumut.

Bagi yang tidak bisa berenang, bisa juga di area bibir pantai, tapi harus berhati-hati saat melangkah agar tidak menginjak terumbu karang. dan gunakanlah sandal agar kaki tidak terluka kena ujung karang yang tajam.

Awak kapal yang biasa mengantarkan penumpang menuturkan jenis ikan yang berdiam di bawah laut pulau Badalu pun lumayan banyak, dari mulai Moorish Idol, Butterfly Fish, Angel Fish, Anthias, bahkan sampai Lion Fish dan nimo pun juga ada.

Tapi biasanya ikan keluar tergantung musim dan cuaca sehingga wisatawan harus tahu dulu bulan yang pas untuk melihat ikan di bawah laut sekitaran pulau Badalu.

Walaupun keindahannya bisa dibilang setara dengan keindahan alam bawah laut yang sudah terkenal lebih dulu seperti pantai di Papua, Lombok dan Bali. Pengunjung terkendala akses untuk menuju pulau karena untuk menyeberang dari Sibolga atau Tapanuli Tengah harus menyewa kapal boat sebesar Rp 1,5 juta.

Itupun tidak semua nakhoda kapal mengetahui keberadaan Pulau Badalu ini. Jadi, percayakan destinasi anda dengan trip wisata yang menawarkan trip ke pulau yang memang anda tuju.

– Pulau Mursala

Kemudian ada Kaban Barat, Pulau Mursala. Anda akan menemukan rumah terapung sederhana yang dihuni penduduk.

Hanya berupa rumah dengan pasak atau penahan kayu di tiap sisinya untuk mengapung di atas permukaan laut. Penduduk  menawarkan penginapan homestay untuk wisatawan yang ingin bermalam di pulau.

Biasanya, wisatawan yang tidak puas explore kepulauan Mursala pulang hari banyak memilih bermalam di pulau agar keesokan harinya kembali menjelajah kepulauan Mursala yang menawan tidak ada habisnya.

Tapi, wisatawan akan dibuat terperangah dengan suasana dan pesona pemukiman penduduk. Anggap keterbatasan rumah penduduk hanya sebatas untuk singgah agar esok menjelajah lagi, rupanya bisa menjadi tempat yang tidak kalah menarik dibandingkan pulau sekitar.

Ribuan ikan hias rupanya mengerumuni tepat di bawah rumah hingga sekitaran dermaga tempat kapal berhenti. Rasanya, memulai tahun yang baru dengan berlibur di tempat ini menjadi destinasi tepat untuk merefresh diri.

Tepat di bawah permukaan laut, sekitaran kayu penahan rumah penduduk, ikan berkerumun seperti sadar akan kedatangan wisatawan mereka pun beratraksi. Melihat kerumunan ikan dari atas, membuat wisatawan tak tahan jika tidak mendokumentasikannya dengan melompat langsung ke air. Dengan kedalaman hanya sekitar 2 meter di air yang bening, kerumunan ikan menjadi objek foto wisatawan yang menepi atau beristirahat di rumah penduduk.

Keindahan Kepulauan Mursala memang tidak akan ada habisnya untuk dibicarakan, kali ini tribun travel ingin mengangkat keindahan pantai Silabu-labu, pulau Mursala.

Terlebih lagi pada keindahan biru lautnya yang mempesona, buat wisatawan bisa betah berlama-lama duduk di pinggir pantainya.

Pantai Silabu-labu

Pantai Silabu-labu menawarkan air laut biru bergradasi, ditambah lagi jika anda datang pada pagi dan petang, di saat cuaca sedang teduh dan cerah, maka air laut bisa biru cerah dan menjadi spot yang indah untuk didokumenstasikan.

Disini, selain keindahan air lautnya, pemandangan terumbu karang di bawah lautnya juga tidak kalah menjual keindahan.

Terumbu karangnya bewarna-warni dan sesekali ikan hias pun kerap keluar menampakkan diri dan persembunyiannya di dalam karang.

Wisatawan tidak akan menyesal menyambangi pantai Silabu-labu karena keperawanan pulaunya yang belum terjamah. Jangankan wisatawan, penduduk sekitar Tapanuli pun terbilang banyak yang belum tahu pulau tersebut.

– Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung juga punya hal yang sama. Pulau ini dikenal dengan  sejuta pesona, selain pasir lembut dan pemandangan batu granit yang tinggi, rimbun pohon dan air yang jernih, keindahan bawah airnya tidak kalah memikat.

Wisatawan pun tidak bisa melewatkan aktifitas snorkeling atau diving jika menyambangi pulai ini.
Banyak jenis ikan hias bahkan ikan nimo populer kerap berada di sekitar pulau Kalimantung.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here