Home Wisata Akhir Pekan, Ini 4 Alasan Liburan ke Pahawang

Akhir Pekan, Ini 4 Alasan Liburan ke Pahawang

242
0

Pulau Pahawang mulai dikenal wisatawan karena banyaknya spot snorkeling dan pemeliharaan terumbu karang. Ini 4 alasan Anda liburan ke Pahawang saat akhir pekan.

Secara administratif, Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Nama Pahawang mulai mencuat di kalangan wisatawan karena banyaknya papan bertuliskan ‘I Love Pahawang” dan semacamnya di bawah laut.

Sedikitnya ada 4 alasan Pahawang cocok untuk weekend getaway Anda:

1. Dekat dengan Jakarta

Bicara soal wisata bahari di dekat Jakarta, yang terlintas di benak Anda pastilah Kepulauan Seribu. Padahal ada Pulau Pahawang yang jaraknya tidak jauh.

Jika naik pesawat ke Bandar Lampung, Anda tinggal lanjut perjalanan darat sekitar 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan, Anda tinggal sewa kapal dengan harga sekitar Rp 2 juta PP. Satu kapal bisa diisi hingga 30 orang.

Kalau Anda memilih jalur darat, dari Jakarta tinggal bertolak ke Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Kemudian lanjutkan perjalanan darat selama 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang.

2. Banyak spot snorkeling

Ada empat pulau utama yang jadi destinasi yaitu Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar, dan Kelagian Kecil. Setidaknya ada 6 spot snorkeling yang tersebar di perairan empat pulau tersebut.

Ada penangkaran nemo, Cukuh Bedil, Gosong Bakri, Gosong Pancong, Gosong Galangan, dan sekitar Pulau Kelagian Keci.

Uniknya, hampir di tiap spot snorkeling tersebut, ditenggelamkan papan-papan beton bertuliskan “I Love Pahawang” dan beberapa tulisan lainnya. Papan tersebut sengaja ditenggelamkan untuk jadi habitat baru biota laut, baik terumbu karang maupun aneka spesies ikan.

3. Water sport

Pahawang adalah destinasi bahari yang cukup lengkap. Selain snorkeling, wisatawan juga bisa mencoba water sport seperti banana boat.

Water sport ada di Kelagian Kecil. Biasanya mencoba water sport di sela-sela agenda snorkeling.

4. Bisa mampir ke destinasi di sekitarnya

Traveling ke Pulau Pahawang, wisatawan juga bisa menjajal beberapa destinasi di Lampung dan sekitarnya. Anda bisa mampir ke Bandar Lampung dan berwisata kuliner, atau berwisata bahari di Teluk Kiluan dan Pulau Anak Krakatau.

Oleh karena itu, tak ada salahnya menyambangi Pahawang akhir pekan ini. Bisa jadi opsi weekend getaway selain Bandung dan Bogor.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here