Home Budaya Astaka MTQ Batam Bakal Jadi Museum

Astaka MTQ Batam Bakal Jadi Museum

467
0

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, akan menjadikan gedung astaka MTQ Nasional 2014 menjadi Museum Sejarah Batam yang mencatat perjalanan Batam mulai dari menjadi bagian kerajaan Riau-Lingga hingga masa otonomi daerah.

Rencananya akan dibangun galeri museum di bekas astaka, dan sekarang masih dalam penataan. Nantinya Galeri akan diisi foto-foto peninggalan kerajaan Riau-Lingga dan foto perjalanan pembangunan Batam.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang bertanggung jawab dalam mengisi benda sejarah dan foto-foto yang akan dipamerkan di Museum Pembangunan Batam tersebut.

Seluruh aset gedung bekas astaka sudah diserahkan dari Pemprov Kepri ke Pemkot Batam, seluruh temuan mengenai serah terima aset dari BPK juga sudah diselesaikan.

Pemerintah menyiapkan dana Rp3,2 miliar untuk penataan galeri, dalam APBD 2016. Dipastikan Astaka tempat penyelenggaraan MTQ 1014 tidak akan menjadi sia-sia dan terbengkalai usai penyelenggaraan perhelatan nasional itu, melainkan menjadikannya museum.

Sangat disayang jika setelah digunakan lalu dibiarkan terbengkalai apalagi telah dianggarkan dana yang cukup besar.

Astaka yang dibangun dengan dana sedikitnya Rp10 miliar itu akan diisi barang-barang bersejarah yang menceritakan awal berdirinya Kota Batam hingga pembangunan di kota industri. Setelah MTQ, tempat tersebut akan menjadi objek pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Batam.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here