Home Event Beragam Acara Digelar Memeriahkan Festival Langkisau

Beragam Acara Digelar Memeriahkan Festival Langkisau

212
0

Festival Langkisau yang berlangsung mulai 15 hingga 22 April menyajikan berbagai atraksi bagi wisatawan. Mulai dari kebudayaan setempat, olahraga tradisional, hingga kerajinan masyarakat.

Bertempat di Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan, telah berdiri ratusan stan sejak hari pertama, Sabtu (16/4/2016). Festival ini merupakan salah satu upaya mendongkrak nilai jual, serta menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung.

Maka untuk itulah festival Langkisau kini disinergikan antara wisata, budaya dan olahraga.

Rangkaian acara pun disusun menggabungkan ketiga unsur tersebut dan bermuara di peningkatan pariwisata. Di hari pertama sendiri pengunjung dapat menyaksikan pawai budaya, dari 15 kecamatan yang membawakan kebudayaan tradisionalnya.

Seperti tradisi Babako yang dibawakan Nagari Lumpo Kecamatan IV Jurai, dan Tradisi Batandang Ka Omah Matuo, yang berarti silaturahmi ke rumah mertua. Tarian ini dibawakan oleh Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Pesisir Selatan.

Di belakang pawai tersebut diikuti ratusan anak dari sekolah dasar dan sekolah menengah atas menampilkan aksidrumband. Pawai tersebut dimulai dari Pantai Carocok, hingga kantor Bupati Pesisir Selatan.

Selain itu sore harinya digelar lomba dayung sampan atau yang biasa disebut selaju sampan. Dari Batu Kareta, sepanjang 800 meter hingga pos angkatan laut, Painan. Mengikut sertakan atlet provinsi hingga nasional, acara yang sudah menjadi tradisi Pesisir Selatan ini diikuti 33 kelompok pedayang dari tiap daerah di Sumatra Barat.

Pada malam harinya, waktunya bagi para pemuda menyaksikan pemilihan Uda dan Uni duta wisata Pesisir Selatan. Sebanyak 12 pasangan telah disaring oleh panitia.

Sedangkan voli pantai tingkat Nasional, diselenggarakan 14 hingga 17 April 2016. Diikuti puluhan atlet dari berbagai daerah, yang termasuk kategori atlet nasional PON 2016 dan atlet Asia Pasifik.

Festival yang telah berlangsung selama 14 tahun ini, menambah rangkaian acara baru di tahun ini. Yaitu kontes burung berkicau. Berbagai burung terbaik dari berbagai daerah di Sumatera Barat dikompetisikan. Kontes tersebut berlokasi di lapangan Medan Bapaneh Rawang, Painan.

Selain suguhan acara dalam festival tersebut, pengunjung juga masih bisa menikmati berbagai wisata alam ikon Pesisir Selatan. Seperti Jembatan Akar, Bukit Langkisau, Pantai Cerocok, hingga area wisata Mandeh.

Sementara paragliding yang sejak beberapa tahun lalu diadakan kini harus dipisah dengan Festival Langkisau 2016. Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan mmengatakan acara tersebut dipisah karena sudah menjadi agenda tahunan nasional.

Paragliding, saat ini sudah menjadi agenda nasional, dipegang oleh pusat. Sehingga diselenggarakan secara nasional dengan daerah lain. Walaupun final tetap di Langkisau.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here