Home Potensi Cokelat Indonesia Bisa Lebih Unggul Dari Cokelat Belgia

Cokelat Indonesia Bisa Lebih Unggul Dari Cokelat Belgia

239
0

Tahukah Anda, jika salah satu pengolah cokelat terbaik dunia yaitu Belgia memperoleh biji kakao terbaiknya dari Indonesia?

Stephen Vandeparre, salah satu chef atau perajin cokelat dari Belgia ,saat kunjungannya bersama para chef lain, produsen pangan dan Putri Belgia dalam Misi Ekonomi Belgia di Pulman Hotel, Senin (14/3/2016), mengatakan Indonesia harusnya bisa lebih baik dan terkenal cokelatnya dari Belgia.

Chef spesialis chocolate dessert dan ice cream asal Belgia tersebut mengatakan seperti itu karena Indonesia memiliki beberapa keunggulan dalam hal cokelat dibanding Belgia. Indonesia memilki sumber cokelat terbaik dan terbanyak kedua di dunia, sedangkan Belgia harus mengimpor cokelat dari berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Vandeparre menambahkan, di Belgia sendiri harga cokelat sangat lah mahal. Dapat dibayangkan setelah diolah dan siap jual, cokelat dengan kualitas terbaik dapat berlipat-lipat harganya.

“Cokelat belgia sebenarnya tidak ada yang spesial. Hanya kami mempunyai penyajian, pengolahan dan teknologi yang bisa membuatnya spesial,” ujar Vandeparre, saat demo masak dalam kunjungan Misi Ekonomi Belgia ke Indonesia, di Pulman Hotel, Senin (15/3/2016).

Chocolatier atau perajin cokelat di Belgia pun sangat dihargai, dan dibayar mahal, karena keahlian dan karyanya. Jika Indonesia bisa lebih konsern untuk mempelajari teknik cokelat, Vandeparre berpendapat cokelat Indonesia bisa lebih terkenal dan menghasilkan banyak keuntungan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here