Home Budaya Ditemukan Bangunan Bersejarah di Badung

Ditemukan Bangunan Bersejarah di Badung

348
0

Balai Besar (Balar) Arkeologi Denpasar, Bali, kembali menemukan peninggalan situs bersejarah candi abad ke-14 yang berupa tumpukan batu padas di Pura Gelang Agung, Banjar Buangga, Kecamatan Petang, Badung.

Penelitian sudah dilakukan sejak 18-31 Maret 2016 dan penelitian ini berupa lanjutan dari penemuan sebelumnya ditempat yang berbeda berupa arca, uang kepeng, sarkofagus dan tumpukan batu padas.

Penelitian lanjutan ini tim peneliti membuat tiga titik galian, dimana dua galian berbentuk persegi panjang dengan panjang dua meter kali satu meter dan satu galian berbentuk persegi dengan ukuran dua meter.

Tumpukan batu batas ini muncul dikedalaman satu hingga 1,5 meter dari permukaan tanah. Dari tiga titik galian ditemukan jumlah batu yang berbeda.

Ia mengatakan, penemuan pertama digali tepat di depan gedong arca dan di lokasi tersebut ditemukan susunan batu padas yang menjulur dari bawah bangunan pura.

Penemuan kedua tepat disisi timur “gedong arca” atau sebelah tembok pembatas (penyengker). Di kotak persegi panjang ini juga ditemukan ratusan susunan batu bata yang tertumpuk rapi.

Sementara pada galian terakhir di sisi timur pura, tepatnya disamping tembok panyengker ditemukan sejumlah gundukan batu padas. Di galian ketiga ini banyak batu padas dalam kondisi tidak utuh, diperkirakan rusaknya tumpukan batu padas ini karena pernah dirusak oleh masyarakat sekitar. Selain itu juga ditemukan banyak batu padas rusak karena diambil oleh masyarakat sekitar untuk pembangunan tembok panyengker.

Untuk itu, saat ini belum mengambil kesimpulan apakah candi ini bentuknya kotak atau bagaimana dan para peneliti sudah mulai menghentikan penggalian.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here