Home Event Festival Jeramba Meriahkan GMT di Belitung

Festival Jeramba Meriahkan GMT di Belitung

320
0

Pemerintah Kabupaten Belitung mengadakan Festival Jeramba Sungai Padang untuk memeriahkan gerhana matahari total 9 Maret 2016. Festival budaya ini diadakan di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, yang ada di perbatasan Belitung dengan Kabupaten Belitung Timur.

Akan diadakan pertunjukan seni budaya dan kerajinan masyarakat. Sebenarnya Festival tersebut adalah acara tahunan di Desa Sungai Padang.

Festival Jeramba Sungai Padang berawal dari ungkapan syukur warga desa atas berdirinya jembatan di Desa Sungai Padang. Jembatan itu membuat Desa Sungai Padang mudah diakses sehingga perekonomiannya membaik.

Jembatan itu juga memungkinkan turis lebih mudah mencapai Pantai Batu Bedil di desa tersebut. Pantai yang belum banyak dikunjungi turis itu punya ciri khas beberapa karang yang menjorok ke laut.

Biasanya festival ini diadakan selama sepekan. Beberapa tahun terakhir, festival ini dimeriahkan lomba tradisional seperti makan bedulang, niti pinang,  panjat pinang, mancing beluko,

orkes melayu, barongsai, lomba pertunjukan ngemping padi, lomba mincing kerisi, cari kerang, dan pentas seni.

Pemkab Belitung berharap festival Jeramba Sungai Padang ini bisa menjadi pengisi acara yang berkesan bagi pada turis gerhana.

Akan ada sekitar 7.000 wisatawan yang menyaksikan gerhana matahari total di Belitung. Sampai saat ini hotel sudah dibooking 80 persen sampai 100 persen.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata meminta pemerintah daerah yang dilintasi gerhana seperti Belitung agar gencar mempromosikan acara di wilayahnya. Menteri Arief Yahya menargetkan ada lima juta wisatawan domestik dan 100 ribu turis asing datang ke daerah gerhana.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here