Home Potensi Indonesia Gencar Lakukan Kerja Sama dengan Timur Tengah

Indonesia Gencar Lakukan Kerja Sama dengan Timur Tengah

210
0

Pemerintah menyatakan terus mencari kesempatan untuk bisa menggandeng sejumlah negara di timur tengah dalam kerjasama bidang energi, termasuk perdagangan minyak mentah dan pembangunan pembangkit listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan kerja sama yang telah terjalin saat ini adalah impor minyak mentah, kondensat, dan elpiji dari Iran. Selain Iran, negara lain yang sedang dijajaki pemerintah Indonesia adalah Arab Saudi dan Qatar.

Kerja sama tenyata tak hanya dilakukan di Indonesia. Pemerintah Indonesia akan menginisiasi pembangunan pabrik pupuk di Iran. Sementara itu dengan Arab Saudi, kerja sama juga dilakukan dalam pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah Cilacap, lanjutnya, pembangunan kilang juga menyusul di Tuban, Jawa Timur.

Kerja sama dengan Timur Tengah tak hanya dilakukan di sektor minyak dan gas bumi. Pemerintah juga sedang menjajaki kerja sama di bidang perbankan, yang nantinya diharapkan pendanaan pembangunan di sana bisa lebih mudah dilakukan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here