Home Potensi Kampung KB Selalu Pantau Kesehatan Ibu dan Anak

Kampung KB Selalu Pantau Kesehatan Ibu dan Anak

215
0

Sebagian besar masyarakat di Indonesia, belum terlalu aware mengenai pentingnya program Keluarga Berencana (KB). Berangkat dari fakta inilah, maka  kampung KB hadir sebagai wadah pusat informasi dan konsultasi keluarga. Tujuan diadakannya kampung KB ini sendiri sebagai upaya penguatan program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh di lapangan.

Kali ini Kampung KB hadir di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kawasan Pulo Gundul, Jakarta Pusat. Ini kampung KB yang ke-50. Di setiap kabupaten di Indonesia, diharapkan akan ada minimal 1 kampung KB. Kampung KB di Pulo Gundul ini merupakan kampung KB yang pertama kali dibentuk di DKI di tingkat provinsi.

Peresmian kampung KB di Pulo Gundul ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok); CEO blibli.com, Kusumo Martono, serta beberapa pejabat setempat.

Kampung KB sangat bermanfaat karena bisa membantu memberikan informasi yang mendalam kepada ibu hamil yang harus terus memperhatikan kesehatannya. Dengan adanya kampung KB,  diharapkan juga asupan makanan yang bergizi saat hamil dan menyusui para ibu bisa terjaga dengan baik.

Dengan adanya kampung KB, ini memudahkan para ibu untuk tetap memantau kesehatan dirinya dan juga anaknya, dengan rajin ke Posyandu.

Selain itu, di tempat ini juga ada taman RPTRA dengan berbagai fasilitas dan aula serbaguna terbuka, lapangan olahraga, taman hati PKK, ruang laktasi, PKK mart, perpustakaan, pantry, toilet umum dan difable, taman interaksi, taman anak, amphiteater, ruang terbuka hijau, wifi, resapan air, dan komposting (tempat pemilahan sampah).

Diharapkan ruang terbuka ini akan  berguna untuk warga sekitar. Ini bukan hanya menjadi tempat bermain, tetapi juga untuk berkreativitas. Para ibu-ibu bisa memanfaatkan wi-fi gratis untuk mencari resep masakan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here