Home Potensi Kawasan Dieng Akan Dibangun Hotel Bintang 4

Kawasan Dieng Akan Dibangun Hotel Bintang 4

228
0

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah tengah menyiapkan lahan untuk pendirian sebuah hotel berbintang di kawasan wisata Dieng. Pembangunan hotel berbintang dipandang merupakan kebutuhan untuk melengkapi fasilitas wisata, terutama penginapan.

Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo mengatakan, penginapan yang ada di kawasan Dieng mayoritas berupa home stay dan rumah penduduk yang disewakan ke wisatawan. Di masa ramai atau akhir pekan, home stay selalu penuh sesak.

Rencananya akan dibangun hotel bintang empat. Tapi hotel yang di kawasan Dieng ini tidak mengganggu pemilik home stay.

Pemkab sendiri saat ini tengah melakukan inventarisir lahan yang disiapkan untuk hotel berbintang tersebut. Pendirian hotel akan mampu meningkatkan masa inap wisatawan kelas menengah, dengan harapan mereka banyak berbelanja.

Sudah dibicarakan dengan banyak pihak, termasuk dengan badan konservasi, karena lahannya masih jadi terdapat ganjalan.

Terkait akses menuju Dieng, jalur tembus dari daerah lain telah sampai di Dieng. Contohnya jalur lama rusak dari Kabupaten Batang bisa diperbaiki dan tersambung. Begitu juga dengan akses dari Kabupaten Pekalongan, Wonosobo dan Kebumen menuju arah Dieng.

Dengan akses yang tersambung, diharapakan perekonomian Banjarnegara bisa meningkat. Apalagi, menurut cerita rakyat ketika Arungbinang IV dan Kolopaking IV yang berperang bisa bersatu, Banjar diyakini akan makmur.

Kesatuan itu wujudnya jalan tembus di Banjarnegara. Harapannya nanti ada transportasi besar bisa masuk.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung langkah pengembangan. Asalkan dilakukan secara bersama-sama.

Saat ini di Dieng yang paling dikenal adalah Wonosobo daripada Banjarnegara. Tentunya kawasan tersebut memang harus dikelola bersama, karena potensi Dieng adalah sebagai tempat wisata wisata.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here