Home Wisata Eksotisme Danau Maninjau Sumatera Barat

Eksotisme Danau Maninjau Sumatera Barat

234
0

Maninjau yang terkenal dengan warna airnya yang eksotik, berkilau biru kehitaman terletak di kabupaten Agam, tepatnya di Kecamatan Tanjung Raya, sekitar 43 km dari kota Bukittingi, untuk melihat secara langsung Danau

Danau seluas 99,5 kilometer persegi serta kedalaman maksimum 495 meter ini telah memikat hati siapa saja yang melancong ke Sumatera Barat, sehingga ada yang mengatakan belum ke Sumatera Barat, jika tak ke Danau Maninjau.

Sebelum sampai ke Maninjau Anda bisa melihat panorama danau Maninjau di Puncak Lawang atau Lawang Empat. Kedua bukit ini merupakan spot yang bagus untuk menyaksikan panorama danau Maninjau. Apabila cuaca cerah, pengunjung bisa melihat secara utuh danau yang dikepung oleh bukit-bukit. Airnya yang bening terlihat biru dan ketika terkena pantulan cahaya matahari akan tampak kehitaman.

Salah satu hotel yang bisa jadi pilihan Anda adalah Nuansa Maninjau Resort yang memiliki fasilitas balkon yang dapat digunakan tamu untuk menyaksikan Danau Maninjau dari ketinggian. Karena lokasi hotel yang berada tepat di atas Danau Maninjau, tamu dapat leluasa menyaksikan kemolekan danau.

Tak puas hanya menikmati Danau Maninjau dari hotel, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju situs Danau Maninjau. Untuk sampai kesana, Anda harus melewati jalanan menurun dengan banyak kelokan atau tikungan. Tak tanggung-tanggung sebanyak 44 tikungan harus dilewati. Karenanya jalanan ini dikenal dengan nama Kelok Ampat-Ampat. Pada tiap kelokannya ditandai dengan angka menurun 44-1.

Danau yang hanya beriak saat perahu nelayan melewatinya ini dipagari bukit-bukit hijau yang menjulang. Di tepian danau terlihat hamparan tanaman padi berwarna hijau dan kuning. Sungguh perpaduan warna yang eksotis.

Setibanya di tepian danau, Anda bisa mencoba makanan khas Maninjau yaitu Palai Rinuak, Rinuak Goreng, Pensi, Bada Masiak, dan Bada Goreng. Ada yang siap dimakan sambil menikmati pemandangan alam Danau Maninjau, ada pula ikan asin sebagai buah tangan. Semuanya adalah jenis ikan tawar yang hanya hidup di Danau Maninjau. Sehingga hanya bisa dibeli di sepanjang jalan Lintas Maninjau – Lubuak Basuang – Gasang.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here