Home Wisata Mengintip Rumah Masa kecil Ahok

Mengintip Rumah Masa kecil Ahok

427
0

Di tengah hiruk pikuk pemberitaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, cobalah berkunjung ke rumah masa kecil Ahok di Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rumah yang kini berarsitektur modern ini, siap mengantarkan wisatawan ke dalam kehidupan Ahok masa kecil.

Tampak luar, bangunan tersebut didominasi warna putih dengan pintu berwarna coklat setinggi kurang lebih 2 meter. Rumah yang masih ditinggali oleh ibu Ahok ini memiliki lantai bertingkat.

Saat memasuki area halaman rumah, paving-paving blok terlihat berjajar rapi dengan aneka tanaman bunga dan buah sehingga menimbulkan kesan asri. Di bagian belakang rumah, terdapat penginapan yang dikelola oleh keluarga Ahok.

Beranjak masuk ke dalam rumah, puluhan bingkai foto keluarga saudara-saudara Ahok bahkan hingga foto bersama Presiden RI Joko Widodo terpampang di dinding.

Banyak orang yang ingin tahu rumah tempat Ahok dibesarkan. Kini, tempat Ahok dibesarkan yakni di Desa Gantong pun ramai dikunjungi wisatawan. Sekarang semakin banyak yang datang ke rumah Ahok.

Di ruang tengah yang ada di lantai dasar, terdapat satu set sofa berwarna merah marun dengan televisi layar datar yang menjadi tempat berkumpul keluarga. Di dekat sofa, sebuah bar mini dengan pajangan botol-botol minuman.

Suasana rumah Ahok kala itu sepi. Ditambah pula dengan kondisi Desa Gantong yang tak terlalu ramai dilalui kendaraan bermotor.

Tepat di seberang rumah Ahok terdapat rumah panggung kayu berwarna coklat tua. Dulunya, rumah Ahok memiliki bentuk yang sama dengan rumah panggung tersebut. Namun kini, rumah Ahok telah berubah menjadi rumah modern dari batu bata dan berlantai keramik.

Menurut ibu Ahok, Buniarti Ningsih (70), ia telah menempati rumah tersebut sejak menikah pada tahun 1965.

Rumah ini telah direnovasi tiga kali. Terakhir direnovasi menjadi modern tahun 2009. Dulunya seperti rumah panggung yang ada di depan.

Jika ingin melancong ke rumah Ahok, alamatnya berada di Jalan KA Bujang Nomor 22 Desa Gantong, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur. Pengunjung baru bisa masuk ke dalam jika Basuri sedang berada di rumah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here