Home Potensi NTB Bisa Mendunia Melalui Destinasi Wisatanya

NTB Bisa Mendunia Melalui Destinasi Wisatanya

275
0

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan destinasi wisata unggulan yang ditempatkan sebagai bagian dari great Bali. Sekitar 40 persen wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia, masuk melalui Bali, lalu melanjutkan perjalanan ke NTB dan kawasan timur lainnya.

Guna meningkatkan jumlah wisatawan, Pemerintah Daerah NTB bersama Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Festival Pesona Tambora 2016 pada 11-16 April 2016 mendatang. Gubernur NTB, M. Zainal Majdi mengatakan, di wilayah yang dipimpinnya memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari olahraga sampai budaya.
“Ada 15 kawasan destinasi utama di NTB tapi belum mewakili keindahannya. Jadi Festival Tambora ini menjadi langkah pesona Lombok yang tidak ada habisnya,” kata Zainal dalam acara Launching Festival Pesona Tambora 2016, di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin, 11 Januari 2016.
Ada tiga acara utama dalam festival ini. Pertama pra event yaitu, launching, seminar, peziarahan Tambora, Gili Tapan (Upacara Lau, pertunjukan musik gambus lautan dan layaran film), perkebunan kopi Tambora (gelaran budaya, kompetisi kopi kreatif dan Cargo Cult Festival).
Kemudian ada main event, yaitu Tambora running (Ultra run 329K dan 100K, Tambora Ultra 50K dan 25K), Tambora Bike Camp, Tambora Festival, Pulau Satonsa (Tambora Leterary and Film Festival, pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda) dan situs budaya Tamboraman. Satu kegiatan lagi yang tak kalah seru adalah post event yaitu fotografi trip.
Dengan adanya berbagai rangkaian acara yang seru, festival ini pun diharapkan busa mendunia. Dan wisman pun semakin banyak yang datang NTB. “Saya harap Festival Pesona Tambora bisa mendunia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here