Home Wisata Pantai Tanjung Menangis Yang Eksotis

Pantai Tanjung Menangis Yang Eksotis

437
0

Pantai yang terlihat jernih dan sangat tenang ini ternyata bukan wisata yang ada di Eropa tapi di Indonesia tepatnya berada di Nusa Tenggara Barat. Pantai yang terlihat sangat eksotis ini disebut Tanjung menangis oleh masyarakat sekitar.

Memang nama tempat ini terdengar aneh bagi sebagian orang tapi tempat ini merupakan tempat paling romantis di Sumbawa. Tanjung Menangis ini terletak di Kecamatan Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa. Para pengantin baru sering menjadikan tempat ini sebagai lokasi bulan madu karena dipercaya sangat romantis.

Tanjung Menangis memang sarat dengan romantisme karena disini terdapat pantai berwarna biru tenang dan karang terjal yang sangat eksotis. Pantai ini memang sangat terkenal di daerah sana tapi masih tergolong sepi meskipun akses menuju tempat ini tidaklah terlalu sulit bahkan mudah diakses oleh berbagai macam kendaraan beroda dua maupun beroda empat.

Nama Tanjung menangis bukanlah karangan masyarakat setempat tapi ada sebuah legenda tentang cinta yang sedih didalamnya. Dahulu kala ada sebuah putri kerajaan yang sakit dan tidak bisa disembuhkan oleh siapapun. Puluhan tabib dan ahli pengobatan didatangkan untuk menyembuhkan sang putri tapi semuanya tidak berhasil.

Sang raja yang sudah putus asa lalu mengadakan sayembara yang berisi siapa saja yang mampu menyembuhkan putrinya maka akan dinikahkan dengannya. Tidak sedikit orang yang mencoba menyembuhkan sang putri tapi belum ada yang berhasil. Suatu hari ada seorang pemuda tampan yang berasal dari tempat jauh yang berhasil menyembuhkan penyakit yang diderita oleh sang putri.

Setelah sembuh, sang raja malah mengingkari janji yang dibuatnya dan mengusir pemuda tersebut dari kerajaan. Namun, sang putri yang sudah jatuh cinta terhadap pemuda tampan tadi pun mengejarnya tapi tidak berhasil karena si pemuda tadi sudah pergi berlayar jauh dari tanjung.

Sejak saat itu sang putri terus menangis melihat pujaan hatinya telah pergi selama-lamanya meninggalkan dirinya di tepi tanjung sehingga masyarakat setempat memanggilnya Tanjung Menangis.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here