Home Potensi Pemerintah Balikpapan Galakkan Budidaya Ikan Air Tawar

Pemerintah Balikpapan Galakkan Budidaya Ikan Air Tawar

799
0

Pemerintah Kota Balikpapan akan menggalakkan program pembudidayaan ikan air tawar untuk mengantisipasi kekurangan ikan dari hasil perikanan tangkah yang diprediksi tak akan meningkat signifikan sepanjang tahun ini.

Ketua Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Balikpapan Muhammad Yos Mianto mengaku target ikan hasil perikanan tangkap tidak akan berbeda jauh dari realisasi hasil perikanan tangkap pada 2015, yakni sekitar 3.447 ton.

Hasil penangkapan ikan tahun lalu sangat kecil, dan tahun ini target penangkapan ikan juga tidak besar. Tergantung kekencangan angin, kalau anginnya kencang nelayan tidak bisa pergi berlayar.

Oleh karena itu, di gencarkan budidaya ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan ikan di Balikpapan. Pemkot menyediakan bibit-bibit ikan air tawar seperti ikan nila dan ikan lele untuk dibagikan kepada pembudidaya ikan air tawar.

Belum lama ini, DPKP Balikpapan menyebarkan 20.000 bibit ikan air tawar di seluruh bendungan pengendali di Balikpapan. Penyebaran bibit-bibit ikan itu diharapkan dapat meningkatkan populasi ikan air tawar, untuk nanti dapat dikonsumsi oleh warga.

Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 5.000 nelayan di Balikpapan. Sepanjang 2015 kemarin, hasil perikanan tangkap mencapai 3.447 ton, sementara hasil perikanan budidaya air tawar mencapai 112 ton, dan hasil budidaya air payau mencapai 94,9 ton.

Adapun jumlah nelayan pembudidaya tambak mencapai 480 orang, sementara pembudidaya kolam terpal mencapai 148 orang, dan pembudidaya kolam tanah mencapai 212 orang.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here