Home Event Pemkot Balikpapan Gelar Nobar GMT

Pemkot Balikpapan Gelar Nobar GMT

337
0

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, akan menggelar nonton bareng (nobar) fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan, Abdul Majid di Balikpapan, Minggu (24/1/2016), mengatakan nobar peristiwa GMT itu akan dilaksanakan di Pantai Manggar, Balikpapan Timur.

“Untuk itulah segala persiapan dilakukan oleh Pemkot Balikpapan agar kemasan wisata saat momen ini terjadi terasa maksimal dan rencananya pemerintah menargetkan 30.000 wisatawan berkunjung ke Pantai Manggar saat acara nobar tersebut,” katanya.

Peristiwa GMT diprediksi berlangsung selama 45 detik pada pukul 08.15 Wita, Rabu (9/3/2016). Kejadian tersebut akan disaksikan bersama-sama di Pantai Manggar bersama perwakilan Pemkot Balikpapan.

“Selama acara nonton bareng gerhana matahari total pemerintah juga akan mengadakan pesta laut yang terdiri atas kuliner masakan laut gratis dan lomba perahu naga,” kata Majid.

Selain itu, akan dilaksanakan juga bazar, kuliner dan pertunjukan di Lapangan Merdeka. Hal tersebut merupakan kesempatan bagus untuk menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisata Balikpapan.

Fenomena GMT pernah terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Pada 9 Maret 2016, selain Balikpapan, GMT akan melintasi beberapa daerah yakni Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here