Home UKM Produk Zoya Dijamin Dibuat Dari Bahan Halal

Produk Zoya Dijamin Dibuat Dari Bahan Halal

387
0

Zoya membuat sertifikat halal pada setiap produknya. Zoya tak menyangka soal sertifikat halal yang mereka dapatkan menjadi polemik di masyarakat. Padahal awalnya mereka hanya berniat memberi kepastian atas pertanyaan konsumen mereka.

Creative Director PT Shafco Sigit Endroyono menuturkan bahwa pertengahan tahun 2014 lalu di salah satu toko Zoya di Bandung seorang pengunjung bertanya soal kehalalan produk Zoya. “Pengunjung itu nanya ‘Mas, halal nggak kerudungnya?’ Pertanyaan itu jadi diskusi di pihak internal kita,” ujar Sigit dalam jumpa pers di Hotel Continental Bandung, Selasa (9/2/2016).

Zoya yang setiap tahunnya bisa menjual kerudung hingga empat juta helai ini pun merasa terpanggil untuk bisa memberikan kepastian atas pertanyaan konsumennya itu. “Kami ingin memberikan kepastian bahwa dalam proses pembuatan bahan baku utama Zoya yaitu kainnya tersertifikasi halal,” katanya.

Apalagi dengan adanya UU No. 33 tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa semua barang atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik serta barang gunaan yang dipakai, digunakan atau dimanfaatkan masyarakat perlu dijamin kehalalannya oleh negara. Sebagai penjual, Zoya pun merasa terikat dengan undang-undang tersebut sehingga ingin memberikan jaminan halal tersebut.

“Kami pun meminta penyedia kain kami untuk mengajukan serifikasi halal tersebut hingga akhirnya keluar pada Oktober 2015,” tutur Sigit.

Bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan bahan baku kerudung Zoya merupakan buatan PT Central Georgette Nusantara (PT CGN). Perusahaan itulah yang kemudian mengajukan diri untuk mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia Propinsi Jawa Barat. Berdasarkan hasil uji Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI perusahaan tersebut tidak menggunakan bahan kimia dan turunan dari hewan yang diharamkan atau dinajiskan umat Islam sehingga dinyatakan halal.

Sertifikasi halal ini disematkan Zoya dalam poster promosi mereka di media sosial. Poster dengan label kerudung halal dan sertifikasi MUI inilah yang kemudian menimbulkan kontroversi di masyarakat. Atas hal tersebut pihak Zoya sudah menyampaikan permintaan maafnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here