Home Wisata Promosikan Borobudur Lewat Trail of Civilization

Promosikan Borobudur Lewat Trail of Civilization

212
0

Kementerian Pariwisata akan mencoba mempromosikan Candi Borobudur (Magelang, Jawa Tengah) melalui program “Trail of Civilization”. Program tersebut merupakan kerja sama negara-negara anggota ASEAN yang memiliki jejak peninggalan peradaban Buddha.

“Kita mendukung adanya program di ASEAN namanya Trail of Civilization. Kalau bisa disepakati dijalankan, program itu sangat bagus karena kalau positioning Borobudur sebagai pusat jejak peradaban, itu akan sangat luar biasa,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Arief mengaku telah bertemu dengan semua duta besar negara-negara anggota ASEAN di Myanmar beberapa waktu lalu sebelum penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum 2016 di Manila pada 18-5 Januari 2016 lalu.

Mereka menyepakati pembuatan paket wisata bersama yaitu “Trail of Civilization” atau “Jejak Peradaban”. Arief menjelaskan paket wisata “Trail of Civilization” akan diikuti oleh negara-negara seperti China, Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

“Misalnya nanti ada di Thailand tiga hari lalu empat hari di Borobudur. Atau empat hari di Angkor Wat, dua hari di Borobudur itu tidak masalah,” jelasnya.

Nantinya bentuk atraksi yang ditawarkan di Candi Borobudur adalah hal-hal yang terkait dengan jejak peradaban Buddha. Sehingga, lanjut Arief, dengan adanya program “Trail of Civilization”, wisatawan mancanegara bisa lebih lama berada di Indonesia.

“Daya tarik Candi Borobudur sebagai bangunannya, atraksinya ‘Trail of Civilization’,” katanya.

Sebenarnya pada Agustus 2006 silam, menteri-menteri pariwisata negara ASEAN seperti Myanmar, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Laos telah menyepakati salah satu point yakni penguatan kerja sama dan meningkatkan implementasi kebijakan dan mekanisme untuk memfasilitasi perjalanan di antara negara-negara ASEAN berdasarkan jejak peradaban yang terkait yakni peninggalan Buddha.

Kesepakatan itu dideklarasikan di Indonesia dengan nama Borobudur Declaration. Kemudian bentuk event jejak peradaban tersebut yaitu bertajuk “The Trail of Civilization and Art Perfomance” pernah diselenggarakan di Candi Borobudur seperti pada perayaan nasional Waisak Tahun Saka 2553 pada tahun 2008 dan 2009. Sementara pada tahun 2010 event tersebut diselenggarakan di Siem Reap, Kamboja.

“Trail of Civilization” sendiri merupakan paket wisata yang menawarkan perjalanan menelusuri jejak agama dan peninggalan bersejarah umat Buddha. Di negara-negara anggota ASEAN terdapat obyek-obyek wisata yang terkait dengan peninggalan Buddha yakni Angkor Wat di Kamboja, pagoda di Vietnam, candi-candi di Thailand, dan Luang Prabang di Laos.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here