Home Potensi Punya Potensi Besar, Branding Bali Harus Diperluas

Punya Potensi Besar, Branding Bali Harus Diperluas

233
0

Siapa yang tidak mengenal baik Bali, mulai dari keindahan alam hingga keramahan penduduknya menjadi pemikat para turis domestik dan juga mancanegara mendatangi kota tersebut.

Banyaknya potensi yang dimiliki Bali, Ketua Umum Indonesia Marketing Association (IMA) Arif Wibowo menegaskan, Bali perlu memperluas aktivitas promosi dan marketing serta meningkat kerjasama dengan pemerintah baik di pusat dan daerah serta organisasi dan lembaga lainnya untuk memperluas skala nation branding Indonesia di kancah global secara signifikan.

“IMA selaku organisasi perlu mendorong kreativitas pemasaran, tidak hanya di bidang turisme tetapi juga perlu memperluas perannya pada bidang bisnis yang lebih luas, di antaranya bagi pelaku usaha skala kecil dan menengah. IMA dapat membantu dengan memberikan metode-metode pamasaran modern yang efektif sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah dan nasional,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jakarta, Minggu (17/1/2016).

Direktur Utama Garuda Indonesia ini mengemukakan,nation branding berpotensi untuk meningkatkan daya saing nasional. Sebagai bentuk representasi dari negara secara strategis dengan tujuan menciptakan modal reputasional bangsa. Nation branding diharapkan dapat menciptakan reputasi kapital melalui promosi bagi kepentingan ekonomi, sosial dan budaya, bahkan di bidang politik baik di dalam maupun luar negeri.

“Reputasi yang baik dari sebuah negara merupakan hal yang harus dimiliki, terutama di era pasar global.Dengan miliki reputasi yang baik, suatu negara akan mendapat kepercayaan dari negara lainnya untuk bekerjasama dan tidak lagi dipandang sebelah mata dalam partisipasinya di kompetisi global,” tambahnya.

Dengan membangun nation branding, kata Arif, Indonesia sebagai bangsa kreatif akan memfokuskan diri terhadap kreatifitas Indonesia di semua sektor. Efek dari hal tersebut adalah meningkatnya ekspor produk kreatif ke luar negeri dan memicu munculnya rasa kebanggaan dalam diri rakyat Indonesia. Dalam hal ini, setidak-tidaknya nation branding yang terbentuk dilihat dari sektor pariwisata, investasi, perdagangan dan ekonomi kreatif.

“Oleh karena Bali telah memiliki reputasi internasional, maka dirasakan perlu untuk terus meningkatkan nation branding Indonesia di kancah global secara signifikan lagi,” tukas pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Inaca.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here