Home Potensi Restorasi Teras Cikapundung Habiskan Dana Rp 18 Miliar

Restorasi Teras Cikapundung Habiskan Dana Rp 18 Miliar

206
0

Restorasi Sungai Cikapundung II (Teras Cikapundung) diresmikan Sabtu (30/1/2016) oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, menelan anggaran senilai Rp 18 Miliar.

Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum. Desainnya sendiri dikerjakan oleh konsultan dengan masukan dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pembangunan Teras Cikapundung dilaksanakan pada tahun 2013 dan 2015. Adapun, kegiatan Restorasi Sungai Cikapundung lainnya, yaitu segmen PLN (Cikapundung Riverspot) yang dikerjakan untuk mendukung perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) menelan dana senilai Rp 3 miliar.

Teras Cikapundung dapat disebut sebagai percontohan nasional restorasi sungai. Hal tersebut mengacu kepada kemudahan pekerjaan konstruksi dan melibatkan masyarakat dalam hal pemeliharaan.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi mengatakan Teras Cikapundung merupakan bagian dari Restorasi Sungai Cikapundung sebagai upaya penataan di sepanjang Kawasan Sempadan Sungai Cikapundung untuk menampung aktivitas sosial masyarakat serta menggali potensi di sekitarnya.

Direstorasinya Sungai Cikapundung ini, untuk mengakomodasi sarana dan prasarana yang representatif baik dari segi fungsi maupun estetika, guna mendukung program “Cikapundung Bersih”.

“Ini percontohan nasional restorasi sungai. Bisa terwujud melalui penataan Kawasan Sempadan Sungai Cikapundung yang terintegrasi antara program Ditjen SDA Kementerian PUPR melalui BBWS Citarum dengan pemerintah kota Bandung,” tutur Mudjiadi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here