Home Tekno Sistem Managemen Sampah Dikembangkan JSC

Sistem Managemen Sampah Dikembangkan JSC

429
0
BERISHKAN SAMPAH CILIWUNG

Jakarta Smart City sedang mengembangkan sistem manajemen sampah sebagai bagian dari rencana induk Jakarta Smart City di bidang lingkungan 2016-2018.

Salah satu alasan yang mendasari rencana tersebut adalah suara masyarakat ibu kota yang menilai kebiasaan membuang sampah sembarangan merupakan pelanggaran yang paling banyak dikeluhkan.

Membuang sampah sembarangan merupakan pelanggaran paling banyak melalui respons dari aplikasi Qlue.

Sistem manajemen sampah tersebut mencakup dua komponen Smart City, yaitu smart environment dan smart people. Berdasarkan rencana induk, manajemen sampah akan berintegrasi dengan sistem mitigasi bencana, sistem pengawasan kondisi lingkungan, dan sistem pengendalian lingkungan yang melibatkan masyarakat (crowd sourcing).

Program Smart City memang melibatkan sektor publik dan swasta, saling bahu membahu untuk berkontribusi. Aplikasi Qlue misalnya, yang mempercepat penyampaian keluhan dan mengajak masyarakat berpartisipasi,” kata Setiaji.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun incinerator besar untuk menjalankan program waste to energy. Tujuan lain pembangunan incinerator adalah untuk mengurangi ketergantungan membuang sampah Jakarta di Bantar Gebang, Bekasi.

Masyarakat akan diberikan edukasi juga tentang bagaimana membuang sampah. Sebaiknya masyarakat memilah sampah sebelum dibuang agar memungkinkan untuk di daur ulang. Dari sisi lain juga ada penguatan yang berasal dari adanya retribusi sampah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here