Home UKM Talas Bogor Jadi Pilihan Oleh-Oleh Legit

Talas Bogor Jadi Pilihan Oleh-Oleh Legit

810
0

Talas seringkali menjadi oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang ke rumah, saat berkunjung ke Kota Bogor. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan talas dengan kualitas baik.

Sebenarnya ada trik khusus saat membeli talas yang enak dan legit saat dimakan.

Talas yang bagus, adalah talas yang sudah benar-benar sudah matang.

Bila dilihat secara fisik, daging talasnya sudah berwarna agak keabu-abuan. Kemudian, saat buah talas dicium, maka wangi umbinya akan terasa.

Untuk masalah ukuran itu relatif, ada yang besar tapi ada yang kecil juga bisa sudah matang.

Sedangkan ciri utama dari talas yang bagus, yaitu tidak akan terasa gatal saat dimakan. Artinya, kandungan getahnya sudah tidak ada.

Jadi sebelum diolah harus dicuci bersih dulu supaya tidak ada getahnya. Kulitnya dibersihkan dan dicampur garam sedikit saat dicuci.

Saat Anda membeli talas, biasanya ada beberapa ukuran yang bisa Anda pilih. Satu ikatnya terdiri dari tiga talas ukuran besar. Ada juga yang berisi enam talas berukuran kecil untuk satu ikatnya.

Talas yang yang di jual adalah talas ketan dan talas mentega. Talas ketan memiliki tekstur yang lebih empuk dan lebih wangi, sedangkan talas mentega agak keras.

Harga satu ikat talas ketan dibanderol Rp 75.000, sementara talas mentega Rp 65.000. Talas ini, paling sering diolah dengan cara direbus atau dikukus. Sering juga talas ini dijadikan adonan tepung untuk membuat kue.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here