Home Potensi Tingkatkan Potensi Kubu Raya melalui Fotografi

Tingkatkan Potensi Kubu Raya melalui Fotografi

198
0

Puluhan foto hasil karya masyarakat Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, dipamerkan di Gedung Sun Flower Hotel Gardenia Resort.

Karya foto yang menggambarkan potensi serta kehidupan sosial budaya masyarakat tersebut merupakan hasil program Panda CLICK! yang digagas WWF Indonesia.

Pameran tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi program peningkatan produksi, restorasi, konservasi mangrove dan gambut berbasis lansekap di Kubu Raya.

Upaya yang sudah dilakukan sejak 2015 ini bertujuan menyampaikan informasi yang utuh kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Provinsi Kalimantan Barat.

Pameran foto tersebut juga merupakan hasil penguatan masyarakat melalui fotografi yang dilakukan di lima desa yang tersebar di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya. Pameran foto yang menggambarkan potensi serta kehidupan sosial-budaya masyarakat Kubu Raya.

Panda CLICK! merupakan kepanjangan dari Communication Learning towards Innovative Change and Knowledge, merupakan program penguatan masyarakat melalui fotografi sebagai bentuk komunikasi visual dengan menggunakan pendekatan nontradisional menuju perubahan cara pandang dan pengetahuan yang lebih inovatif di masyarakat melalui media rekam visual.

Program ini bertujuan untuk mendokumentasikan hal-hal penting dalam kehidupan sehari-hari seperti keadaan lingkungan, alam, sosial masyarakat, budaya, dan lain-lain.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan komunikasi visual di masyarakat melalui kegiatan pendokumentasian, membangun jaringan media konservasi alam di tingkat lokal, dan memfasilitasi masyarakat menggunakan hasil (produk) dokumentasi untuk menyuarakan permasalahan atau harapan untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

Program Panda CLICK! Kubu Raya sudah dilakukan selama satu tahun program, yaitu pada tahun 2014 – 2015 di lima desa, di antaranya Desa Padang Tikar, Batu Ampar, Sungai Kerawang, Teluk Nibung, dan Nipah Panjang.

Foto yang dihasilkan masyarakat dijadikan sebagai penilaian (assessment) terkait pra-kondisi pengelolaan di bidang konservasi.

Kegiatan Workshop dan Pameran Foto Panda CLICK! bertujuan untuk menyampaikan dan menyajikan potensi yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya, termasuk kehidupan bermasyarakatnya.

Dalam satu tahun program, peserta menghasilkan sebanyak 23.956 foto, yang dapat digunakan sebagai acuan bagi rencana pengelolaan wilayah kabupaten, baik pembangunan maupun perlindungan secara berkelanjutan.

Dari foto yang dihasilkan masyarakat tersebut, akan menjadi baseline data tentang keseharian masyarakat. Data tersebut juga diharapkan bisa menjadi acuan dalam program pembangunan dari pemerintah.

Misalnya, keseharian masyarakat tanpa listrik, kita bisa mengusulkan untuk listrik desa atau energi alternatif lain seperti panel surya. Ini menjadi baseline dari sisi fotografi yang akan sangat kuat sekali bercerita.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here