Home UKM UKM di Sumenep Memanfaatkan Potensi Lokal

UKM di Sumenep Memanfaatkan Potensi Lokal

801
0

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM Sumenep, Fatimatus Zuhra mengatakan Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Sumenep, terbilang pesat. Tercatat, sejak tahun 2006 hingga 2012 mencapai 22.125.

Usaha yang dilakukan masyarakat adalah mengembangkan potensi lokal di Sumenep. Pangsa pasar usaha produk lokal itu memang masih belum merambah keluar daerah. Sebab dalam meningkatkan hasil produksi dari bahan-bahan lokal menjadi lebih berkualitas dan menembus pasar luar daerah, UKM harus bisa lebih mandiri.

Pihak Kabid Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM sumenep hanya bisa membantu pemasaran dengan melalui klinik milik Dinas Koperasi dan UKM. Zuhro berharap, hasil produk lokal Sumenep nanti mampu bersaing dengan produk di luar Madura dengan cara dipromosikan.

Saat ini UKM Sumenep telah banyak memiliki konsumen sendiri sehingga pemasaran dari produk tersebut sudah lebih mudah, namun lemahnya mereka tidak mendesain bungkus lebih bagus sehingga daya tarik pembeli di pasaran masih rendah. Masalahnya, mereka masih merasa keberatan jika membuat kemasan yang lebih bagus. Alasannya, bahan pembungkus tersebut mahal, sehingga dapat mengurangi hasil penjualannya. Padahal, menurut dia, pihaknya sudah pernah melakukan pembinaan terhadap beberapa UKM, tetapi tidak semua mereka laksanakan. Hal itu, mengingat kualitasnya memang sangat bagus. Hanya saja kalah bersaing dari sisi kemasan, sehingga daya tarik jualnya masih rendah.

Camilan khas Sumenep sangat diminati oleh orang Jawa. Setiap kali orang jawa berkunjung ke sini banyak yang beli buat oleh-oleh. Jajanan khas lokal Sumenep menggunakan bahan asli daerah setempat. Misalnya, singkong diolah menjadi kripik, dan legen dibuat menjadi gula merah.

Dilihat dari bahan baku dari potensi lokal daerah tersebut memang memacu agar beberapa UKM lebih giat dalam mengembangkan hasil produksinya. Harapannya, pangsa pasar akan lebih luas hingga mampu bersaing dengan UKM di luar Sumenep.

Sebenarnya dengan potensi lokal yang dimiliki warga Sumenep sangat prospek, ini hanya perlu dukungan pemerintah agar mereka itu lebih bisa mengelola usahanya semakin baik, dengan pangsa pasar yang jelas.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here