Home UKM Usaha Sapu Lidi Hasilkan Omzet 60 Juta Per Bulan

Usaha Sapu Lidi Hasilkan Omzet 60 Juta Per Bulan

2237
3

Dari usaha pembuatan sapu lidi Erwin Mardiana, produsen sapu lidi dari Ciamis, Jawa Barat bisa meraup omzet hingga Rp 36 juta per bulan. “Laba bersih saya sekitar 50% sampai 60% dari omzet,” kata Erwin.

Omzet tersebut didapat dari rata-rata penjualan bulanan sebanyak 10.000 hingga 12.000 ikat sapu lidi. Penjualan sebanyak itu bukan hasil produksinya semua. Sebagian juga hasil produksi para perajin lain. Kebetulan, hampir seluruh warga desa di tempat Erwin bermukim juga berprofesi sebagai perajin sapu lidi.

Untuk harga jual, Erwin membanderolnya antara Rp 2.800-Rp 3.000 per ikat. Harga tersebut termasuk murah karena dijual tanpa gagang. Sapu dijual tanpa gagang karena mencari kayu atau bambu untuk dijadikan gagang sapu lidi kian sulit.

Selain wilayah Jawa Barat, ia juga memasarkan sapu lidi ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabodetabek, dan Banten. “Terakhir saya mendapat pesanan dari Surabaya,” ujar Erwin.

Karena banyaknya pesanan, ia mengaku kerap kewalahan memenuhinya. Makanya, ia menganjurkan kepada para pelanggan yang memesan lebih dari seribu ikat, agar melakukan pemesanan sebulan sebelumnya. “Supaya kami ada waktu untuk mengerjakannya,” ujarnya.

Pemain lain yang juga sukses berbisnis sapu lidi adalah Lucia, pemilik PD Omah Resik di Magelang, Jawa Tengah. Demi melancarkan usahanya, Lucia menggandeng puluhan perajin sapu lidi di wilayah Magelang.

Selain di Magelang, ia juga memasarkan produknya hingga Yogyakarta dan Semarang. “Pelanggan saya kebanyakan distributor alat-alat kebersihan,” ujarnya.

Berbeda dengan Erwin, sapu lidi yang dipasarkannya sudah diberi gagang bambu. Makanya, harga sapu lidinya lebih mahal, yakni Rp 7.500 per buah. Dalam sebulan, ia bisa memenuhi pesanan hingga 1.500 sapu lidi, dengan omzet Rp 10 juta per bulan. Dari omzet itu, laba bersihnya sekitar 20%-30%.

SHARE

3 COMMENTS

  1. Kalau ada kebutuhan kayu dowel untuk gagang sapu atau pel bisa menghubungi saya di: 081230033098 (barang dari surabaya, jawa timur)

  2. Salam, jika bapak masih kewalahan untuk memenuhi pasokan sapu lidi, saya siap untuk menyuplay bahan bakunya. Lidi yang kami sediakan adalah lidi Nipah. Lebih besar dan memiliki ukuran yg lebih panjang. Hub saya: 085340608854

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here