Home UKM Usaha Setrika Keliling Beromset Mencapai Rp 9 Juta Per Bulan

Usaha Setrika Keliling Beromset Mencapai Rp 9 Juta Per Bulan

220
0

Di wilayah Kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat, ada sebuah usaha jasa yang unik, kreatif dan tentunya  menguntungkan. Nama jasa itu adalah “Gokil” yang merupakan kependekan dari gosok keliling.

Ya, sesuai namanya, Gokil adalah layanan jasa setrika keliling yang dijalankan oleh Tri Ameliam, ibu rumah tangga warga Perumahan Villa Mutiara Gading III, Jalan Hanjuang III RT 002 RW 18, Kelurahan Kebalen, Babelan.

Selama tiga tahun terakhir, Icha (sapaan akrabnya) setiap hari berkeliling menggunakan sepeda motor modifikasi khusus miliknya, mencari warga yang tidak punya waktu untuk menyetrika pakaian sendiri.

Ide gosok keliling berawal dari suaminya yang posting jasa gosok keliling di Facebook. Tidak disangka jadi ribuan orang yang share dan jadi ramai seperti saat ini.

Menurut Icha, usaha ini berawal dari kegagalan dirinya dan suami merintis bisnis laundry kiloan. Usaha mereka tak mampu bertahan karena terlalu banyaknya bisnis serupa di wilayah Babelan.

Setelah memutar otak, ibu tiga anak ini akhirnya terpikir untuk fokus pada jasa setrika saja. Icha biasanya beroperasi sejak pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Dalam waktu itu, dia busa melayani 240 kilogram pakaian. Untuk tarifnya sendiri, dia harga Rp 3.500 per kilogramnya dan untuk jarak jauh ia mematok tarif Rp 4.000 per kilogram.

Penghasilannya pun tak main-main. Menurut Icha pendapatan kotor usahanya sekitar Rp 9 juta perbulan sedangkan untuk perhari Rp 700 ribu sampai Rp 800 ribu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here