Home Wisata Waktu Yang Tepat Ke Kelimutu

Waktu Yang Tepat Ke Kelimutu

267
0

Hanya ada satu jalan dari Kota Ende menuju Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Jalan Raya Ende-Maumere yang kerap terkena longsor tersebut “punya” jam buka-tutup, terutama saat musim hujan.

Jalan tersebut menghubungkan Kabupaten Ende dengan Kabupaten Maumere. Pelancong yang hendak ke Kelimutu dari Bandara H Hasan Aroeboesman di Ende harus melalui jalan tersebut dan singgah di Desa Moni, desa terdekat dari Taman Nasional Kelimutu.

Desa ini juga dipandang sebagai gerbang masuk menuju Kelimutu. Taman Nasional Kelimutu jadi destinasi wisata populer, baik untuk turis domestik maupun mancanegara. Namun, untuk mencapainya, hanya ada satu jalur yang membentang dari Kota Ende. Jalur tersebut kerap terkena longsor karena melewati perbukitan dengan jalur yang curam.

Saat ini sedang diberlakukan sistem buka-tutup pada jam-jam tertentu.

Sistem buka-tutup itu diberlakukan mulai Km 14 sampai Km 20 ke arah Taman Nasional Kelimutu. Jalan dibuka pada pukul 08.00-12.00 Wita dan 15.00-17.00 Wita.

Perbaikan ini dilakukan untuk menyingkirkan tanah longsor yang menutupi jalan raya di beberapa titik. Menurut keterangan Goles, sistem buka-tutup ini diberlakukan mulai dua atau tiga bulan belakangan.

Dari Bandara H Hasan Aroeboesman yang berlokasi di Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, opsi paling baik adalah mencarter mobil dengan harga Rp 500.000 sekali jalan langsung menuju Kelimutu atau mampir dulu Desa Moni yang kerap jadi lokasi menginap wisatawan.

Lama perjalanan dari Bandara H Hasan Aroeboesman ke Desa Moni tak sampai dua jam. Jika datang pada jam-jam jalan tutup, ada baiknya Anda berkeliling Kota Ende terlebih dahulu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here