Wisata Menarik di Kabupaten Pasaman: Jelajahi Pesona Alamnya yang Memukau!

by
Apakah kamu sudah tahu tempat wisata yang tersembunyi di Kabupaten Pasaman? Kalau belum, jangan khawatir karena saya akan membahasnya untukmu!

Kabupaten Pasaman terletak di Provinsi Sumatera Barat dan memiliki banyak objek wisata yang menarik. Salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Sarasah Bunta. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang jernih dan segar. Bukan hanya itu, di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang rimbun dan udaranya sangat sejuk. Kamu pasti akan terkesima dengan keindahannya!

Selain Air Terjun Sarasah Bunta, wisatawan juga bisa mengunjungi Taman Nasional Kerinci Seblat, Danau Maninjau, dan Kampung Wisata Jalan Korban. Did you know that, Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki luas sekitar 1.400.000 hektar dan merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia? Di sana, kita bisa menemukan berbagai satwa langka seperti harimau sumatera dan burung enggang. Sementara itu, Danau Maninjau menawarkan pemandangan indah dan suasana damai yang cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Sedangkan Kampung Wisata Jalan Korban menampilkan kehidupan masyarakat adat yang masih mempertahankan tradisi mereka. Ayo, datanglah dan nikmati keindahan alam di Kabupaten Pasaman!

Dengan berbagai macam wisata yang ditawarkan oleh Kabupaten Pasaman, kamu tidak boleh melewatkannya. Jangan sampai menyesal karena tidak mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang indah tersebut. Yuk, rencanakan liburanmu ke Kabupaten Pasaman dan jangan lupa untuk mencoba makanan khas setempat yang dijamin lezat!

 

Wisata Kabupaten Pasaman
“Wisata Kabupaten Pasaman”

Wisata Kabupaten Pasaman

Belitung, Pulau Seribu, Bali, dan Lombok mungkin sudah sangat populer sebagai destinasi wisata. Namun, banyak juga tempat wisata yang mungkin kurang dikenal oleh para wisatawan, seperti Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Sebagai wilayah penyangga Padang, kabupaten Pasaman memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik. Inilah beberapa tempat wisata menarik di Kabupaten Pasaman.

Curup Maung

Curup Maung adalah air terjun yang terletak di Kecamatan Lubuk Sikaping. Air terjun ini merupakan objek wisata paling tenar di Kabupaten Pasaman dengan ketinggian mencapai 90 meter. Keindahan Curup Maung semakin mempesona karena terdapat hutan alami dan tebing yang tinggi serta bebatuan disekitarnya yang menghasilkan suara gemerisik angin.

Air Terjun Harau

Air Terjun Harau adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pasaman yang wajib dikunjungi. Air terjun ini terletak di Kecamatan Harau. Air Terjun Harau terkenal dengan keindahannya yang alami dan berada diantara tebing curam serta hutan hijau. Selain itu, di Air Terjun Harau juga terdapat fasilitas perkemahan dan penginapan.

Sumur Aie Angek

Fenomena unik terjadi di Sumur Aie Angek. Air sumurnya berasal dari sumber mata air yang asri dan sangat segar. Air sumur ini tidak akan pernah surut meskipun dalam keadaan kemarau sekalipun. Menurut legenda, orang yang berhasil meminum air dari Sumur Aie Angek akan kembali lagi ke Kabupaten Pasaman.

Puncak Diateh

Puncak Diateh adalah daerah pegunungan di Kecamatan Kinali. Puncak Diateh merupakan tempat yang cocok untuk pecinta hiking dan menikmati panorama pegunungan yang sangat indah. Wisatawan dapat melihat keindahan tertinggi Kabupaten Pasaman dari Puncak Diateh.

Waduk Sumpur

Waduk Sumpur merupakan waduk buatan di Desa Batu Rijal Hilir. Waduk ini menghasilkan energi listrik dan juga menjadi sarana rekreasi warga setempat maupun wisatawan. Di Waduk Sumpur terdapat tempat yang sangat luas dan sejuk untuk berlibur bersama keluarga seperti tempat perkemahan dan pemandian alam.

Taman Margasatwa Sikuai Madya

Taman Margasatwa Sikuai Madya adalah sebuah taman margasatwa yang terletak di Kecamatan Kinali. Wisatawan dapat menikmati keindahan hutan tropis dan keanekaragaman hayati di taman ini. Taman Margasatwa Sikuai Madya memiliki banyak koleksi satwa langka seperti anjing laut, bekantan, dan rusa bawean. Taman Margasatwa Sikuai Madya sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Masjid Raya Sumbar

Kabupaten Pasaman juga memiliki Masjid Raya Sumbar yaitu salah sebuah di masjid yang terkenal di Sumatera Barat. Arsitektur masjid ini memadukan gaya arsitektur Timur Tengah dengan gaya tradisional Minangkabau. Di sekitar Masjid Raya Sumbar, terdapat baik warung-warung makanan khas Padang.

Simpanan Alam Batang Lembang

Simpanan Alam Batang Lembang adalah daerah lindungi flora dan fauna yang terletak di Kecamatan Lembang. Simpanan Alam Batang Lembang merupakan kawasan endemis bunga Raflesia yang sarat dengan keanekaragaman flora dan fauna. Beberapa satwa langka seperti harimau Sumatera dan macan dahan dapat ditemukan di wilayah ini.

Bukit Ngungun

Bukit Ngungun adalah sebuah bukit yang sering digunakan sebagai lokasi pendakian. Bukit Ngungun memiliki ketinggian 1.113 meter di atas permukaan laut dan memiliki jarak sekitar 12 km dari ibukota Kabupaten Pasaman. Dari puncak Bukit Ngungun, wisatawan dapat menikmati panorama Kelok Sembilan, perbukitan Bukittinggi, dan Kota Padang Panjang.

Ladang Teh Pagambiran

Selain memiliki destinasi wisata alam, Kabupaten Pasaman juga memiliki tempat wisata agrowisata yang dapat dikunjungi. Ladang Teh Pagambiran adalah salah satunya. Ladang Teh Pagambiran memiliki keindahan luar biasa yang sangat menakjubkan sepanjang tahun, semenjak musim hujan hingga musim panas.

Kesimpulan

Kabupaten Pasaman mempunyai banyak potensi wisata alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Ada banyak pilihan untuk destinasi wisata mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga tempat berwisata agrowisata. Selain itu, Kabupaten Pasaman juga memiliki beberapa penginapan yang bisa dipilih untuk menginap. Kabupaten Pasaman menjadi alternatif untuk mereka yang bosan dengan destinasi wisata yang biasa-biasa saja. Tidak ada salahnya untuk melepas penat dan menikmati liburan di Kabupaten Pasaman.

Video Wisata Kabupaten Pasaman

Visit Video

Selamat datang di Kabupaten Pasaman, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Jika Anda mencari tempat untuk berlibur dan bersantai dari keramaian kota besar, maka Wisata Kabupaten Pasaman adalah pilihan yang tepat.

Pertama-tama, Anda dapat mengunjungi Danau Maninjau, danau alami yang sangat indah dan populer di Pasaman. Danau ini terletak di sebuah kawah gunung berapi yang telah menjadi danau selama lebih dari 50.000 tahun. Anda dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit atau bahkan menyeberangi danau menggunakan perahu.

Selain Danau Maninjau, ada juga Air Terjun Lembah Buntu. Air Terjun ini terletak di Desa Padang Laweh, Kecamatan Rao. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan udara yang sejuk, sehingga membuat Anda merasa rileks. Anda bisa pergi hiking menyusuri hutan sekitar, dan ketika sampai di air terjun, hembusan angin segar akan menyambut Anda. Ini adalah tempat yang ideal untuk Anda yang ingin melarikan diri dari keramaian dan menikmati keindahan alam.

Terakhir, Anda juga dapat berkunjung ke Istana Gandoriah yang terletak di Kota Lubuk Sikaping. Istana ini dibangun pada abad ke-19 oleh Pangeran Adipati di Padang, dan adalah salah satu persediaan budaya dari Pasaman. Di dalam istana, Anda dapat melihat seni ukir kayu dan ornamen keramik, serta pembangunan yang indah dan detail. Ini adalah tujuan pariwisata yang sangat menarik bagi Anda yang suka dengan bangunan tradisional.

Dalam rangkaian Wisata Kabupaten Pasaman, Anda akan menjumpai keindahan alam yang mengagumkan dan kebudayaan tradisional yang unik. Itulah kenapa Kabupaten Pasaman menjadi pilihan liburan yang tepat. Setelah berkunjung ke wisata-wisata ini, kami yakin Anda akan merasa sangat segar dan pikiran Anda pun jernih. Jadi tunggu apa lagi? Ayo planning liburan Anda ke Pasaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *